Langsung ke konten utama

Brother MFC-L8850CDW Review

Printer Brother MFC-L8850CDW merupakan salah satu printer laser multifungsi warna dari Brother yang diperkenalan di Indonesia akhir tahun lalu. Printer laser yang dilengkapi fitur print, scan, fax, dan copy ini menggunakan processor 400 Mhz dengan memori 256 mb. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun printer laser ini memang terlihat cukup besar namun masih cukup cocok di tempatkan di atas meja di ruangan yang kecil maupun besar. Desainnya pun terlihat simple dengan balutan warna putih dan hitam pada sebagian besar body printer. Printer multifungsi Brother MFC-L8850CDW ini memiliki 490 x 526 x 530mm dan memiliki berat 31,3 kg. Terdapat layar LCD 4,85 inch touch screen  yang dapat menginformasikan proses yang sedang berlangung di printer dan melakukan printer kerja langsung melalui layar touchscreen tersebut. Terdapat ADF (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer yang mampu menampung hingga 25 lembar kertas.



Printer laser warna mulltifungsi ini menggabungkan fungsi cetak, copy, scan dan fax dalam satu perangkat yang dengan kemampuan fungsi full advance automatic duplex. Printer laser multifungsi ini membutuhkan warm up time sekitar 32 detik, dan 15 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Fungsi cetak pada Brother MFC-L8850CDW mampu mencetak kertas warna dengan kecepatan hingga 30 ppm atau 30 halaman per menit dengan mode kertas A4 dan, dengan resolusi cetak hingga  600 x 600 dpi. Termasuk cukup cepat dengan hasil yang cukup baik di kelas printer laser multifungsi warna. Brother MFC-L8850CDW sudah dilengkapi fitur auto duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus.

Brother MFC-L8850CDW mampu menangani kertas dengan ukuran A4, Letter, B5 (ISO/JIS), A5, B6 (ISO), Executive, Legal, Folio. Printer laser ini juga dilengkapi kemampuan USB direct print yang mampu mencetak foto langsung dari usb flash disk tanpa memerlukan sebuah PC. Printer multifungsi ini pun cukup compatible digunakan mencetak secara mobile dengan aplikasi Brother Iprint & Iscan, dan Apple AirPrint dari perangkat Iphone, I Pad, Android, maupun smartphone mobile lain karena sudah didukung koneksi Wi Fi, bahkan dengan Wi Fi Direct dapat mencetak langsung dari perangkat dengan fitur wireless tanpa harus mengatur akses point. Printer laser ini sudah didukung konektivitas jaringan Ethernet (10Base-T/100Base-TX) untuk penggunaan kelompok kerja kelas menengah dalam suatu kantor.


Untuk sistem management, ada aplikasi BRAdmin dan Fitur Secure Function Lock v3 yang akan membantu Anda menangani para pengguna printer ini. Fitur ini berguna untuk penghematan dan mengontrol biaya operasional printer ini dalam mencetak pada penggunaan bersama dalam kelompok kerja di kantor. Fitur ini memungkinkan administrator printer ini mengatur atau menetapkan kapasitas harian, mingguan, maupun bulanan untuk setiap penggunanya. Setelah mencapai kapasitas maksimum, user tidak dapat mencetak tanpa diberikan kapasitas tambahan untuk mencetak oleh administrator.

Printer laser warna ini juga dilengkapi fitur pemindaian dokumen. Dengan adanya fitur scan, semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada Brother MFC-L8850CDW memiliki resolusi scan hingga 1200 x 2400 dpi melalui scanner flatbednya. Scan dapat juga dilakukan dengan ADF (Auto Document Feeder) atau langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed dan kertas ukuran folio (F4) dengan ADF yang dimiliki hingga resolusi maksimal 1200 x 600 dpi.  Duplex atau 2 sided scanning juga bisa dilakukan printer ini untuk memindai dua sisi kertas sekaligus.


Tidak hanya auto duplex printing dan scanning, duplex color copier juga disematkan di printer Brother MFC-L8850CDW sehingga tidak perlu lagi repot ketika harus mengcopy dokumen dengan isi pada dua sisi kertas sekaligus. Printer laser multifungsi ini juga dilengkapi fitur copy monokrom dengan kecepatan meng-copy hingga 30 cpm (copy per minute) dengan resolusi hingga 1200 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Fitur faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax Brother MFC-L8850CDW ini mampu mencapai kecepatan fax monokrom hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 2-5 detik. Kerennya lagi terdapat fitur Duplex Fax yang membantu mengirim fax dengan isi pada dua sisi kertas. Paper tray atau tempat kertas pada printer ini dapat diisi dengan 250 lembar kertas. Terdapat optional cassette tray yang dijual terpisah (LT-320CL) dengan kapasitas 500 lembar kertas.


Brother MFC-L8850CDW menggunakan jenis cartridge toner standard capacity TN-351BK, TN-351C, TN-351M, TN-351Y dengan page yields masing-masing toner hingga 2500 halaman. Selain cartridge toner terdapat juga consumable lain untuk printer ini seperti drum unit yang terpisah yang mampu bertahan hingga 25.000 halaman (DR-351CL), waste toner box (WT-320CL) hingga 50.000 halaman, dan belt (BU-320CL) yang mampu bertahan hingga 50.000 halaman. Setelah mencapai angka-angka tersebut consumable tersebut harus diganti agar printer tetep bekerja dengan prima. Printer ini pun dapat menggunakan toner cartridge high yield TN-359BK, TN-359C, TN-359M, TN-359Y dengan page yield masing-masing tonernya hingga 6.000 halaman. Cocok bagi user yang memiliki kebutuhan cetak lebih banyak dari yang versi standar.  


Printer laser warna A4 multifungsi 4 in 1 ini cocok digunakan untuk para professional di berbagai perusahaan dan instansi dengan kebutuhan cetak dokumen warna yang cukup tinggi serta membutuhkan printer dengan fitur yang cukup lengkap untuk membantu meningkatkan kualitas hasil kerja dengan hasil cetak yang cepat untuk kebutuhan cetak monokrom maupun warna. Dalam driver printernya terdapat aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk penghematan cetak dan pengaturan operasional printer seperti fitur N-up Printing, Poster Printing, Watermark Printing, ID Printing, Quite Mode, Booklet Printing, dan Secure Printing. Printer ini dibanderol dengan harga sekitar 10 jutaan rupiah dengan garansi 3 tahun dan sudah bisa dipesan di dealer resmi Brother Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah. Namun keputusan untuk membeli printer ini, semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak. Semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi hasil cetakan pelangi pada printer epson

Cara mengatasi hasil cetakan pelangi pada printer epson adalah jangan panik dulu dan jangan pula memutuskan head print rusak. Banyak kasus yang terjadi pada printer Epson yang mengalami hasil cetakan pelangi. Dari seri Epson yang terdahulu c90 sampai Epson t13 sering mengalami hasil cetakan pelangi. Ada banyak hal yang membuat hasil cetakan pelangi pada printer Epson diantaranya: ·          Pengaruh listrik ·          Kabel flexible putus ·          Head print (bisa konektornya) Langkah awal yag harus dilakukan adalah cek dengan multi tester pada adaptor printer. Jka tegangan normal lakukan langkah kedua bersihkan kabel dan konektor penghubung kabel. Sering sekali kabel dan konektor printer kotor bahka terkena percikan tinta. Jika kedua langkah diatas masih belum bisa coba ganti kabel data atau kabel head. Rusak pada kabel sulit di deteksi, biasanya yang sering terjadi ada bagian kabel yang terputus. Berikut gambar kabel head pada printer Epson Ada beberapa langkah untuk pemasangan ka

Fuji Xerox DocuPrint M265z Review

Fuji Xerox DocuPrint M265z merupakan salah satu printer laser monokrom yang masih terbilang baru dari Fuji Xerox di Indonesia. Printer ini adalah versi multifungsi dari Fuji Xerox DocuPrint P265dw. Printer laser multifungsi A4 monokrom ini dilengkapi dengan fitur print, scan, copy, dan fax. Printer ini menjadi salah satu printer laser monokrom multi function Fuji Xerox untuk bersaing di pasar entry level printer laser monokrom di Indonesia bersama beberapa seri printer laser Fuji Xerox yang lainnya. Printer ini mirip dengan printer laser Brother dengan sedikit modifikasi ala Fuji Xerox. Sepertinya Fuji Xerox memang memesan produk ini dari perusahaan printer Brother untuk melengkapi varian produk-produk printer laser entry levelnya. Bentuk printernya terlihat elegan dan cukup kecil untuk printer laser multifungsi, namun memiliki kualitas cetak cukup cepat untuk penggunaan di kelas small office maupun UKM dengan kebutuhan perangkat printer multifungsi.  Desain fisiknya yang cukup compact

Brother HL-1211w Review

Brother HL-1211w merupakan salah satu printer laser dari Brother yang dipasarkan di Indonesia. Printer ini menawarkan fitur utama printer laser monochrome single function dengan tambahan fitur wireless printing. Printer laser ini diperuntukan bagi small office maupun small business yang membutuhkan fitur cetak dokumen monochrome yang dipergunakan dalam jaringan komputer kantor yang dapat digunakan bersama dalam 1 tim sekitar 1-5 orang. Printer laser ini dibanderol dengan harga sekitar sembilan ratus ribu hingga satu juta rupiah. Bentuk printer nya terlihat kecil, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas   SOHO (small office and home office).   Desain fisiknya yang compact & simple, membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Control panelnya terletak di bagian depan printer dan terlihat sangat sederhana. Dengan processor 200 Mhz, memori 32mb, berat printer 4,5 kg, Brother HL-1211w memiliki ukuran dimensi   340 x 328 x